Ini Dia Mesin Pencari Selain Google Yang Jarang Diketahui

Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui Google sebagai mesin pencari untuk browsing di Internet. Padahal sebelum Google menjadi raksasa teknologi, Yahoo lebih dulu menjadi mesin pencari yang populer. Di tahun 2000-an Yahoo adalah ‘Google’ pada masa itu. Dan Google sendiri masih menjadi startup yang belum ada apa-apanya. Kini Google merajai teknologi internet, dan Yahoo berakhir dijual kepada Verizon. Selain Yahoo, Microsoft juga membuat mesin pencari yaitu Bing. Ada juga Yandex dari Rusia dan Baidu yang populer di China. Apakah cuma itu? Tidak, masih ada beberapa mesin pencari yang memang jarang diketahui. Apa saja? Mari kita kupas.

1. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu jawaban bagi yang tidak suka privasinya dibagikan untuk dijadikan data dan dijual. Seperti yang diketahui bahwa Google, Facebook dan lainnya menyimpan data-data pengguna untuk diolah dan dikomersilkan. Sebagian pengguna tidak suka privasinya dibagikan, untuk itu mereka mencari selain alternatif lain. Salah satunya dalam menggunakan mesin pencari. Itulah yang diusung oleh DuckDuckGo. Dibuat oleh Grabiel Weinberg pada Februari 2008 dan diluncurkan 25 September 2008, DuckDuckGo terus berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna dari para pengiklan. Sesuai dengan tagline mereka “Privacy, Simplified”, tampilan halaman DuckDuckGo juga amat sederhana.

2. Swisscows

Dibuat pada awal tahun 2014 oleh perusahaan Hulbee AG. Sama seperti DuckDuckGo, Swisscows juga mengedepankan privasi pengguna. Namun bukan hanya itu, Swisscows juga mempunyai fitur dan server yang mumpuni. Swisscows memiliki server sendiri untuk keamanan data pengguna. Mereka tidak main-main dalam hal keamanan, salah satunya dengan membangun data center di Alpen, Swiss. Kita tau bahwa Alpen adalah salah satu tempat teraman di dunia. Hal ini dilakukan demi memastikan keamanan data pengguna. Hebat bukan?

3. Gibiru

Tak banyak informasi tentang Gibiru. Dan lagi-lagi ini merupakan mesin pencari yang mengutamakan privasi dan keamanan. Yang menarik dari Gibiru adalah fitur uncensored. Yaitu fitur yang akan membuka sensor dari konten-konten yang tidak sesuai standar menurut mesin pencari lain. Gibiru dapat dijadikan alternatif mesin pencari yang ingin merasakan keamanan terhadap privasinya.

4. Dogpile

Dogpile mengingatkan kita akan tampilan Google lawas yang berpenampilan ‘jadul’. Untuk fiturnya sendiri lumayan lengkap, ada pencarian gambar dan video juga. Untuk yang senang tampilan retro namun fitur lengkap maka bisa gunakan Dogpile sebagai alternatif. Ini dikarenakan memang Dogpile termasuk mesin pencari ‘senior’. Diluncurkan November 1996 dan dibuat oleh Aaron Flin. Makanya tampilannya pun mencerminkan kalau Dogpile adalah mesin pencari lawas.

5. Ecosia

Terakhir dan yang paling unik adalah Ecosia. Dimana uniknya? Ecosia akan menanam pohon di daerah yang membutuhkan untuk setiap beberapa kali pencarian yang dilakukan di Ecosia. Keunikan yang lain adalah server mereka menggunakan tenaga surya. Untuk lebih transparan, Ecosia membuat laporan publik tentang kegiatan penanaman pohon mereka juga kegiatan sosial yang lain. Salut untuk Ecosia.

Penutup

Itulah kelima mesin pencari alternatif selain Google yang bisa Anda gunakan. Untuk yang butuh keamanan dapat menggunakan DuckDuckGo, Swisscows atau Gibiru. Untuk yang mau bernostalgia dengan tampilan retro dapat menggunakan Dogpile. Dan yang ingin membantu menghijaukan dunia dapat menggunakan Ecosia. Menarik bukan? Sambil mencari informasi lewat mesin pencari dan tetap dapat menyelamatkan dunia. Anda dapat mencoba kelima mesin pencari tersebut untuk merasakan masing-masing fiturnya. Banyak juga hasil pencarian yang disertai iklan tampil di halaman depan mesin pencari tersebut. Jadi dapat dijadikan sarana Digital Marketing juga selain Google. Salam Sukses!