Pengaruh Loading Website Terhadap SEO

Kenapa website lambat

Kebanyakan website yang ada sekarang hanya mementingkan tampilan dan design saja. Mereka banyak menggunakan theme yang berat dan plugin yang tidak penting. Juga tidak mengoptimasi media yang ditampilkan seperti gambar atau video. Silahkan baca artikel tentang Cara menggunakan SEO untuk pemula yang menyebutkan loading website adalah faktor penting pada penerapan SEO On-Page. Pengaruh loading website cepat atau lambat sangat signifikan bagi kampaye marketing Anda. Bahkan jika Anda mempersiapkan konten yang menarik dan berkualitas sekalipun akan menjadi sia-sia jika website Anda lambat.

Beberapa faktor yang menjadikan website lambat adalah:

  • Theme yang berat.
  • Plugin yang tidak penting.
  • Gambar atau video yang tidak di kompres.
  • Hosting yang kurang bagus.
  • Tidak mengoptimasi CSS, JS dan HTML.
  • Salah menggunakan Cache Plugin.

Seperti yang kita ketahui website berbasis WordPress menjadi pilihan utama saat ini. Oleh karena itu Theme dan Plugin menjadi hal penting untuk dibahas. Kenapa harus WordPress? Selain mudah dan hemat waktu untuk membuat website, WordPress juga SEO friendly. Artinya mudah menerapkan SEO pada website yang berbasis WordPress dari pada website static HTML. Inilah alasan utama penyedia Jasa SEO atau Jasa Web Design merekomendasikan WordPress.

Pengaruh loading website cepat atau lambat sangat signifikan bagi kampaye marketing Anda. Bahkan jika Anda mempersiapkan konten yang menarik dan berkualitas sekalipun akan menjadi sia-sia jika website Anda lambat.

Pemilihan theme dan plugin yang salah saja sudah cukup membuat website menjadi lambat. Kebanyakan web designer melupakan faktor loading website dan optimasi tampilan. Yang lebih parah adalah ada dari mereka yang tidak mengerti cara optimasi. Berarti kalau begitu website yang loadingnya cepat harus mengorbankan tampilan dan design? Jawabannya tidak! Website dapat tampil menarik namun tetap cepat dan SEO friendly.

Membuat loading website cepat

Bagaimana caranya agar loading website cepat namun tetap menarik dari sisi design dan tampilan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Pilih theme yang ringan

Theme yang berat akan membuat kinerja hosting menjadi berat juga. Sehingga ketika website dikunjungi hosting harus bekerja menampilkan proses-proses yang tidak perlu atau tidak di optimasi. Akibatnya loading website menjadi lambat dan membuat pengalaman pengunjung menjadi tidak nyaman. Contoh theme yang berat antara lain adalah Avada dan Bridge. Avada dan juga Bridge merupakan theme premium yang populer, secara tidak langsung membuktikan banyak website yang tidak mementingkan faktor kecepatan loading website.

Tidak banyak memang theme yang ringan dan mempunyai tampilan menarik. Diantara yang paling ringan adalah GeneratePress dan Astra. Keduanya bisa didapatkan gratis atau bisa memilih opsi upgrade fitur menjadi pro. Dengan menggunakan theme yang ringan proses penerapan SEO menjadi lebih mudah. Waktu penerapan SEO juga jadi lebih cepat.

Gunakan plugin seperlunya

Hindari penggunaan plugin terlalu banyak atau mengaktifkan sebagian plugin dan membiarkan sebagian plugin tidak aktif. Jika plugin tidak digunakan maka sebaiknya dihapus saja. Itu akan membantu mempercepat kinerja website. Hindari juga plugin yang berfungsi sama, misalnya plugin form, plugin font, plugin cache dan lainnya. Pilih saja salah satu yang paling lengkap fiturnya dan mudah digunakan. Khusus plugin cache juga perlu mendapat perhatian khusus, jika salah dalam penggunaannya malah membuat website jadi lambat. Seperti menggunakan lebih dari satu plugin cache, mengaktifkan fitur optimasi yang tidak sesuai kebutuhan dan lainnya. Plugin cache dapat mengoptimalkan CSS, JS dan HTML. Bahkan beberapa plugin mempunyai fitur optimasi gambar juga. Jadi plugin cache ini sangat efektif untuk membuat loading website cepat. Plugin cache yang dapat menjadi pilihan adalah WP Rocket, WP Optimize atau Hummingbird

Optimasi gambar dan video

Yang sering dilupakan oleh pembuat website adalah optimasi media. Mereka tidak mengunakan ukuran yang tepat atau menggunakan size yang besar. Gambar dan video ini amat berpengaruh dengan kecepatan loading. 80% website lambat karena ukuran atau size gambar dan video terlalu besar. Banyak tools yang dapat mengoptimasi gambar. Namun yang paling mudah adalah menggunakan plugin. Seperti yang disebutkan diatas beberapa plugin cache sudah ada fitur optimasi website, sehingga tidak perlu plugin lain lagi. Namun jika ingin menggunakan plugin khusus maka yang paling efektif adalah Smush. Dengan optimasi media yang baik kecepatan loading website akan meningkat secara drastis.

Yang sering dilupakan oleh pembuat website adalah optimasi media. Mereka tidak mengunakan ukuran yang tepat atau menggunakan size yang besar.

Hosting yang bagus

Walaupun tidak menjadi faktor penentu kecepatan loading website, namun pemilihan hosting juga dapat mempengaruhi kecepatan. Seperti yang sudah diketahui hosting yang paling banyak dipilih adalah shared hosting. Karena harganya yang murah menjadikannya pilihan favorit untuk menjadi penopang website. Dan yang namanya murah pasti ada kekurangan. Salah satunya adalah kinerja resource yang terbagi-bagi. Solusinya adalah memilih managed hosting atau juga bisa menggunakan VPS hosting. Namun konsekuensinya adalah budget menjadi lebih tinggi. Jika terpaksa menggunakan theme berat atau plugin tertentu karena kebutuhan promosi atau lainnya, maka upgrade hosting bisa menjadi alternatif.

Pengaruhnya terhadap SEO dan bisnis

Semua orang tidak suka mengunjungi website yang lambat. Dan pengunjung website adalah calon konsumen yang merupakan target dari semua usaha SEO yang dilakukan. Bukankah sia-sia jika website sudah muncul di halaman pertama mesin pencari namun ketika pengunjung masuk ke website mereka harus menunggu lama? Sehingga yang tadinya ingin berlama-lama jadinya hanya sebentar. Atau bahkan lebih parah yaitu tidak jadi mengunjungi dan tidak kembali lagi. Website merupakan salah satu media pemasaran yang dapat menjaring calon konsumen baru. Dengan dukungan informasi yang lengkap serta konten yang menarik, calon konsumen dapat menentukan pilihan mereka hanya lewat website.

Namun lagi-lagi banyak yang tidak menganggap atau masih pesimis dengan fungsi website sebagai salah satu tools marketing yang efektif. Dan masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu cara membuat website dengan baik dan SEO friendly. Berikut beberapa pengaruh website yang lambat terhadap SEO:

  • Usaha penerapan SEO menjadi sia-sia.
  • Konten yang bagus tidak terlihat karena resiko bouncing tinggi.
  • Trafik pengunjung akan berkurang.
  • Konversi calon konsumen menjadi sulit.
  • Kampaye marketing menjadi terhambat bahkan gagal.

Kesimpulan

Melihat pentingnya kecepatan loading website dan pengaruhnya terhadap SEO serta kampaye marketing, maka optimasi website tidak boleh dianggap remeh. Jika Anda memutuskan untuk membuat website sendiri pastikan semua faktor yang membuat website cepat terpenuhi. Namun Anda dapat juga menggunakan Jasa SEO Evan Digital untuk optimasi website atau design ulang website Anda. Dengan garansi 100% uang kembali yang membuat Anda tenang dan nyaman. Dan juga dengan team yang handal dan profesional membuat jaminan kualitas yang dapat diandalkan. Silahkan cek kecepatan website kami ini menggunakan tools seperti GT Metrix atau Google Page Speed dan buktikan sendiri oleh Anda. Salam sukses!