10 Istilah Dalam SEO Yang Wajib Diketahui

Bagi akan belajar atau mau mencari informasi tentang SEO tentu akan sedikit bingung dengan istilah-istilah SEO. contohnya SERP, DA, PA, backlink juga dan lainnya. Terutama untuk pemula yang ingin menerapkan SEO. Untuk itu mari sedikit mengenal istilah-istilah dalam SEO.

1. SEO

Yang pertama tentunya adalah SEO itu sendiri. SEO adalah Search Engine Optimization. Yang artinya adalah suatu cara untuk meng-optimasi website agar mudah dicari di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Kenapa harus dioptimasi? Kita tahu bahwa hampir semua orang mencari sesuatu yang ada di Internet menggunakan mesin pencari. Dan mesin pencari hanya menampilkan website yang punya kriteria sesuai dengan ‘standar’ mesin pencari tersebut. Disinilah optimasi diperlukan agar website punya kriteria yang sesuai dengan ‘standar’ tersebut.

2. Keyword

Keyword adalah kata kunci yang dimasukkan di halaman mesin pencari untuk mendapatkan informasi tertentu. Contohnya: ketika ingin mencari informasi tentang cara membuat website, maka masukkan kata kunci misalnya “cara membuat website” atau “cara membuat website mudah”. Setelah itu mesin pencari akan menampilkan website-website yang berhubungan dengan cara membuat website. Terutama dari judulnya dan dari isi konten website tersebut.

3. SERP

SERP adalah kepanjangan dari Search Engine Result Page. Apa itu? Yaitu hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari berdasarkan keyword yang dimasukkan. Jadi Halaman mesin pencari yang menampilkan website-website yang berhubungan dengan keyword yang dimasukkan tadi itulah SERP.

4. SEO On-Page

SEO On-Page adalah strategi penerapan SEO yang hanya fokus pada website tersebut. Seperti pemilihan designnya, kualitas kontennya, kecepatan loadingnya, dan sebagainya. SEO On-Page ini sangat penting untuk keberhasilan SEO keseluruhan. Jika website itu kecepatan loadingnya lambat atau designnya kurang menarik maka akan sulit untuk dikunjungi. Kalaupun dikunjungi akan membuat pengalaman pengunjung menjadi tidak menyenangkan. Sehingga membuat cepat pergi dari website tersebut. Kalau ini sering terjadi maka akan sangat beresiko untuk terkena penalti dan peringkatnya terpuruk.

5. SEO Off-Page

SEO On-Page adalah strategi penerapan SEO yang tidak dilakukan dari dalam website, tapi dari luar website tersebut. Jadi SEO Off-Page adalah kebalikan dari SEO On-Page. Apapun strategi yang dapat menjadi link untuk menuju website Anda maka termasuk SEO Off-Page.

6. Page Rank

Page Rank adalah peringkat sebuah website yang ditentukan oleh standar dan kriteria tertentu. Secara umum kriteria utamanya adalah seberapa banyak website tersebut di kunjungi. Kita tahu Page Rank #1 saat ini adalah google.com, ini membuktikan google.com adalah website yang paling banyak dikunjungi dari semua website yang ada. Tool yang populer dalam hal Page Rank adalah Alexa. Dan kebanyakan peringat atasnya diisi oleh situs-situs dari Amerika dan China.

7. DA dan PA

DA dan PA adalah kepanjangan dari Domain Authority dan Page Authority. DA dan PA dapat diartikan sebagai seberapa terpercaya situs tersebut dimata mesin pencari. Nilai PA hanya mengukur 1 halaman website tersebut saja, Sedangkan DA adalah nilai keseluruhan website tersebut. Hal yang mempengaruhi DA dan PA adalah usia domain, popularitas domain, dan ukuran domain. Ukuran domain maksudnya seberapa banyak konten didalam website tersebut. Tool poluler yang untuk mengetahui DA dan PA adalah MOZ.

8. Backlink

Backlink adalah istilah untuk menyebutkan link menuju website kita yang berada di website lain. Ini adalah salah satu strategi SEO Off-Page. Banyak sekali manfaat backlink untuk website kita. Dengan mendapatkan backlink dari website berkualitas maka website kita akan cepat naik peringkat dan juga berpengaruh pada DA dan PA. Untuk melihat statistik backlink dapat menggunakan tool AHREF.

9. Meta Tag

Meta tag adalah kode HTML pada website yang berisikan informasi yang dibutuhkan oleh mesin pencari terkait website Anda. Seperti diketahui SERP tidak menampilkan seluruh isi konten dari website yang ditampilkan. Hanya sebagian penjelasan singkat tentang isi website tersebut. Penjelasan yang ditampilkan ini diambil dari meta tag tadi. Untuk itu penting untuk website mengisi meta tag HTML. Tool yang populer bagi website yang menggunakan WordPress adalah Yoast. Untuk yang tidak menggunakan WordPress maka harus diisi manual.

10. Sitemap.xml dan Robot.txt

Untuk dapat mengetahui keberadaan website diseluruh dunia, Google menggunakan Crawler untuk menjelajahi website-website tersebut. Crawler Google juga dikenal dengan Googlebot. Googlebot akan mengirimkan informasi yang akan diolah mesin pencari. Untuk mempermudah Googlebot, website membuat file didalam hosting mereka yang bernama Robot.txt. Robot.txt ini berisikan kode yang tujuannya memberi ‘arahan’ kepada Googlebot mana saja yang boleh dijelajahi dan mana yang tidak. Sedangkan Sitemap.xml adalah file yang berisikan kode yang memberi informasi tentang struktur website. Sehingga Googlebot tidak perlu menjelajahi semua halaman di website tersebut.

Penutup

Demikianlah 10 istilah dalam SEO yang wajib diketahui. Masih banyak istilah lainnya yang mungkin akan dibahas pada artikel-artikel yang lain. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami SEO. Jika butuh Jasa SEO untuk kebutuhan bisnis Anda silahkan menghubungi kami untuk konsultasi. Team Evan Digital akan selalu siap membantu bisnis Anda. Salam Sukses!