Setiap proses pemasaran dan penjualan sudah pasti membutuhkan komunikasi terlebih dahulu terhadap calon customer. Kata-kata merupakan cara yang paling umum dan paling efektif dipakai untuk mengkomunikasikan produk kita kepada customer. Di jaman kini banyak pemasaran dan penjualan dilakukan secara online dan kata-kata tidak lagi diucapkan melainkan ditulis. Oleh karena itulah muncul yang namanya ilmu copywriting.

Copywriting sendiri merupakan suatu cara penulisan yang bertujuan untuk mengajak/membujuk customer untuk berinteraksi dengan produk anda bahkan hingga membeli produk anda. Dalam setiap proses marketing sangatlah dibutuhkan copywriting yang bisa membuat customer dari tidak tahu-menjadi ingin melakukan pembelian terhadap produk anda. Copywriting merupakan sebuah seni untuk mengajak customer untuk membeli namun tidak memaksa seperti halnya pada penjualan.

Apa yang membuat copywriting menjadi begitu penting?

COPYWRITING

Setiap kata memiliki kekuatan,kata-kata dapat membuat orang yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik seperti halnya pria yang sedang melakukan pendekatan kepada seorang wanita. Begitu pula dengan copywriting tanpa adanya copywriting,bisnis kalian tidak akan dikenal oleh orang-orang dan bisnis kalian akan bangkrut tentunya.

Copywriting sendiri bertujuan untuk membuat calon customer mengenali perlahan-lahan apa yang perusahaan kamu tawarkan dan mengapa itu begitu penting bagi mereka sampai-sampai calon customer kalian melakukan pembelian. Copywriting sangatlah penting di ranah online. Tanpa adanya copywriting,website,email,dan sosial media kalian akan sepi pengunjung dan pada akhirnya tidak akan ada penjualan.

Bisnis kalian tidak akan bisa bertahan lama di dunia online jika tidak ada copywriting yang memadai. Copywriting bisa berbentuk artikel dalam sebuah website,caption dalam sebuah social media,dan berbentuk email dalam email marketing. Pastikan copywriting kalian mampu membuat customer tertarik mempelajari lebih dalam tentang produk kalian hingga akhirnya melakukan pembelian.

Bagaimana untuk menulis copywriting yang memukau?

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menulis copywriting yang memukau:

  • Tentukan tujuan dari copywriting yang kalian tulis!

Menentukan tujuan adalah hal paling dasar yang harus ditentukan sebelum melakukan penulisan. Tanpa adanya tujuan maka arah dari copywriting yang kalian tulis akan bertele-tele dan tidak menyediakan solusi bagi yang membaca. Tetapkan hanya satu tujuan dalam setiap copywriting! Dengan satu tujuan kalian bisa lebih fokus untuk membuat orang yang membaca copywriting kalian melakukan action yang diinginkan.

Sebagai contoh jika kalian menginginkan copywriting bertujuan untuk meningkatkan brand awareness,maka kalian tidak bisa memasukkan tujuan untuk sekaligus melakukan penjualan. Kalian pasti akan bingung dalam proses menulis karena fokus terbagi dua,lebih baik setiap copywriting tetaplah memiliki satu tujuan.

  • Tentukan headline yang menarik perhatian!

Headline juga merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan copywriting. Headline harus sebisa mungkin tidak bertele-tele dan langsung menyampaikan poin penting dari penulisan kalian. Sebisa mungkin juga headline dapat langsung menarik perhatian dari customer. Kebanyakan orang hanya membaca headline dalam suatu copywriting,oleh karena itu sebaiknya headline yang kita tulis singkat,padat dan jelas tujuan nya apa.

  • Subheadline yang mendukung

Headline yang memukau saja tidaklah cukup untuk menyampaikan tujuan dari suatu tulisan. Sub headline juga berperan besar dalam memperjelas lagi headline utama kita.

contoh heading copywriting

Gambar diatas merupakan contoh headline dan subheadline yang baik. Dari gambar diatas terlihat headline yang menarik dan subheadline yang menjelaskan apa saja service yang mereka tawarkan. Headline dan subheadline haruslah saling berirama untuk memberikan pesan yang jelas kepada customer.

  • Body yang berkualitas

Copywriting yang baik tidak cukup hanya dengan menuliskan headline dan subheadline yang memukau. Body dari tulisan yang kalian tulis juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin isi body tidak menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti dan kiasan-kiasan. Cukup dengan menunjukkan empati akan masalah yang customer kita hadapi dan kita,sebagai penyedia jasa menawarkan solusi kepada mereka dan kita peduli akan kebutuhan mereka.

Bagian body dari sebuah tulisan juga sebaiknya diisi dengan apa saja fitur dari produk kita dan mengapa mereka harus memilih produk kita. Jelaskan dengan detail apa saja kelebihan dari produk kita dibandingkan dengan produk kompetitor. Berikan solusi atas permasalahan mereka dan mengapa produk kita bisa menjadi solusi atas permasalahan mereka.

contoh body copywriting
  • Akhiri dengan kalimat yang persuasif

Akhiri tulisan copywriting kalian dengan mengajak customer untuk mengikuti tujuan tulisan ini dibuat. Kalian bisa menyisipkan kalimat yang mengajak mereka untuk berlangganan dengan kalian atau membaca lebih lagi tentang kalian dan mempelajari lebih lanjut apa yang bisnis kalian tawarkan. Call to action menjadi sangatlah penting pada bagian penutup ini.

Akhiri tulisan kalian dengan CTA yang baik dan tentunya sesuai dengan tujuan awal tulisan kalian dibuat untuk apa. Hindari kesan memaksa biarkan customer kalian yang memilih apa tindakan mereka selanjutnya. Kalian bisa menyisipkan kata diskon juga untuk membuat customer kalian semakin ingin menggunakan jasa/produk kalian.

CTA Copywriting

AIDA Formula

Selalu tulis copywriting kalian berdasarkan formula AIDA,formula ini bertujuan untuk menggiring customer kalian secara terstruktur menuju tujuan akhir dari copywriting kalian. Berikut rincian jelas apa itu AIDA:

  • Awareness

Awareness merupakan tahap awal dari AIDA dan merupakan tahap yang krusial dalam menentukan tindakan customer selanjutnya. Awareness sendiri biasanya terdapat dalam heading dan subheading. 2 komponen tersebut sebisa mungkin ditulis menarik agar calon customer kalian melangkah ke tahap selanjutnya dari AIDA.

  • Interest

Di tahap kedua dari AIDA ini,kalian harus sebisa mungkin membuat calon customer kalian tertarik dengan tulisan kalian. Kalian bisa memulai dengan kata-kata yang meyakinkan bahwa bisnis kalian mengerti akan permasalahan yang mereka hadapi dan kalian hadir untuk memberikan jawaban atas masalah mereka.

  • Desire

Di tahap desire ini,setelah kalian menjelaskan solusi dari permasalahan mereka,mulai lah tunjukkan dan perkenalkan produk kalian kepada mereka,seperti menjelaskan fitur apa saja yang dimiliki oleh produk kalian dan apa yang membuat produk kalian berbeda dengan produk pesaing kalian. Buat mereka merasa produk kalian cocok untuk permasalahan mereka.

  • Action

Di tahap terakhir ini,berilah penawaran menarik kepada calon customer kalian seperti diskon yang terbatas waktu dan penawaran-penawaran menarik lainnya yang ditawarkan oleh bisnis anda. Buat mereka yakin dengan produk kalian dan sebisa mungkin buat mereka merasa menyesal jika tidak membeli produk kalian.

Bagaimana? Sudah siapkah membuat bisnis kalian lebih menarik dengan copywriting?