Strategi Digital Marketing: Word of Mouth Marketing

Digital Marketing menghadirkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Namun tidak semua teknik pemasaran tradisional ditinggalkan. Ada beberapa teknik ‘abadi’ yang akan selalu dipakai sampai sekarang. Salah satunya adalah Word of Mouth Marketing yang dapat cepat meningkatkan penjualan.

Pengertian

Word of Mouth Marketing mengacu pada strategi pemasaran yang mempromosikan sesuatu dengan ‘menyuruh’ konsumen ataupun pribadi yang sudah lebih dulu mengetahui kelebihan suatu jasa, ide atau produk untuk mempromosikannya ke teman-teman mereka. Idenya adalah untuk menciptakan Buzz. Tujuannya adalah untuk membuat momentum yang pas untuk mendapatkan ide penyebaran dengan cepat. Jika bisa dijalankan dengan benar, maka tingkat keberhasilan akan semakin besar namun dengan sedikit atau bahkan tidak ada biaya sama sekali.

Sebuah contoh klasik dari Word of Mouth Marketing adalah yang terjadi pada Red Bull. Red Bull adalah minuman energi. Ketika pertama kali diperkenalkan di Eropa, rumor yang beredar adalah bahwa minuman ini dapat meningkatkan libido . Tidak ada yang tahu siapa yang memulai rumor, tapi Red Bull menjadi sangat populer dan viral. Kemudian berkembang menjadi tren mixer untuk minuman ber-alkohol di klub malam.

Hal ini adalah efek yang muncul melalui proses Word of Mouth Marketing yang berjalan sesuai rencana. Contoh saat ini adalah bagaimana awal kemunculan platform seperti WhatsApp, Spotify, Snapchat dan yang sejenisnya. Mereka tidak melakukan promosi besar-besaran saat itu, mereka populer dan viral dari Word of Mouth Marketing!

Cara kerja

Cara kerja Word of Mouth Marketing online kebanyakan sama dengan cara kerja tradisional. Perbedaan utamanya adalah cenderung lebih cepat dalam penyebarannya. Internet, website dan social media adalah media yang tepat untuk melakukannya. Dengan beredarnya jutaan informasi setiap hari dan para pengguna yang haus akan informasi, media digital ini menjadi pilihan tepat.

Jelas, ini akan menyebabkan peningkatan yang luar biasa. Sayangnya, hal itu tidak selalu mudah untuk dicapai. Semua orang mencoba untuk melakukan hal ini. Untuk itu diperlukan sesuatu yang unik dan berkualitas. Jika sudah membawa sesuatu yang yang unik tersebut, selanjutnya adalah buat Buzz di media digital tersebut seperti yang dilakukan oleh platform yang sukses tadi.

Penerapan

Banyak cara untuk menerapkan strategi digital marketing ini. Untuk bidang jasa dan konsultasi misalnya, bisa dengan artikel, e-book, video, atau podcast gratis. Materi ini berisi ide dan strategi dasar pada bidang tersebut, seperti guide, atau tips. Jika anda menawarkan sesuatu yang berkualitas, ini seharusnya viral dengan cepat ke ribuan orang. Dan meningkat trafik pengunjung dengan signifikan.

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan dan memperkenalkan berulang-ulang. Pada saatnya nanti, Jika orang-orang sudah mengenal dan menyukainya, saat mereka membutuhkan jasa tersebut mereka akan mencari apa yang telah mereka ketahui kualitasnya. Jika ada 100,000 orang yang melihat dan hanya 10 persen saja dari mereka yang menggunakan jasa tersebut, itu sudah sangat menguntungkan.

Testimoni dan review juga termasuk word of mouth marketing. Terutama untuk toko online atau jasa service. Maksimalkan testimoni untuk menarik lebih banyak lagi pelanggan. Berikan reward untuk yang memberikan testimoni, karena mayoritas orang malas memberikan testimoni. Dan ini salah satu strategi yang dapat menghemat biaya, bahkan bisa gratis jika banyak yang memberikan testimoni tanpa imbalan atau reward.

Sekarang banyak yang menggunakan influencer media social untuk menjalankan Word of Mouth Marketing ini. Atau juga dengan strategi mengumpulkan Buzzer bayaran untuk mempercepat viral Buzz tadi. Memang efeknya lumayan besar, hanya saja biaya yang dikeluarkan juga lumayan besar.

Cara yang efektif dan hemat adalah seperti contoh diatas tadi. Manfaatkan website untuk menciptakan Buzz terlebih dahulu, setelah itu baru share ke social media. Dengan pemilihan konten dan cara penyajian yang tepat maka kemungkinan berhasilnya tinggi. Itulah perlunya website menerapkan SEO, selain lebih hemat, juga akan bertahan lama. Jarang website yang sudah berada di halaman depan turun peringkat, sehingga investasi yang dikeluarkan bersifat jangka panjang. Karena SEO akan menjadikan website mudah dicari di mesin pencari, yang berguna untuk mempercepat proses Word of Mouth Marketing.

Kesimpulan

Dari pendekatan Word of Mouth Marketing ini pasti akan menjadi hit dan miss strategi. Banyak yang berhasil membuatnya viral, tetapi ada banyak juga orang yang mencoba untuk melakukannya namun akhirnya gagal. Untuk itu bantuan penyedia jasa digital marketing layak diperhitungkan. Dengan pengalaman yang baik dan team yang handal membuat penyedia jasa ini dapat mengurangi resiko kegagalan strategi digital marketing.