Tips promosi bisnis yang efektif, murah dan praktis saat wabah Corona

Melihat kondisi dunia saat ini yang tengah dilanda wabah virus Corona. Mengakibatkan para pelaku bisnis harus mengambil beberapa langkah untuk mempertahankan usahanya. Namun walaupun begitu melakukan promosi harus tetap dilakukan. Tentunya dengan beberapa strategi yang menyesuaikan. Berikut beberapa strategi promosi bisnis saat wabah corona:

1. Memperbanyak memberikan informasi yang berguna

Semua orang butuh informasi aktual untuk memantau kondisi tentang update virus Corona. Namun sayangnya informasi yang banyak beredar di media atau di social media adalah informasi yang tidak benar. Karena itu manfaatkan momen ini untuk memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat kepada pelanggan atau client Anda. Dengan begitu hubungan Anda dengan pelanggan tetap terjalin. Dan ini dapat bermanfaat juga bagi usaha Anda dengan sesekali disertai promosi-promosi ringan. Bisa menggunakan email, social media atau memanfaatkan website Anda. Hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan disini. Namun sangat efektif dan praktis karena langsung bermanfaat bagi pelanggan Anda.

2. Manfaatkan komunitas dan forum modern

Forum diskusi memang tidak terlalu banyak lagi peminatnya. Tidak seperti beberapa tahun kebelakang yang banyak komunitas berkumpul di forum diskusi seperti kaskus,modifikasi.com dan sejenisnya. Namun sekarang forum diskusi modern banyak bermunculan contohnya Reddit dan Quora. Mengusung konsep yang sama dengan forum diskusi lawas, forum modern ini mulai banyak peminatnya. Ini juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promo yang efektif. Seperti di Quora, banyak yang mengajukan pertanyaan yang belum terjawab. Jawab pertanyaan mereka dan juga sesekali selingi dengan promosi untuk usaha Anda. Kuncinya adalah memberikan jawaban yang berguna dan jangan terlalu sering promosi. Lakukan secara natural saja. Karena kalau terlalu sering ditakutkan malah jadi mengganggu bukannya bermanfaat.

3. Buatlah konten yang menghibur

Banyak yang bersedih kerena pandemi Corona ini. Untuk itu selain butuh informasi mereka juga butuh penyemangat dan hiburan. Yang banyak mereka lakukan saat ini adalah mencari konten-konten yang sifatnya menghibur. Baik itu di media atau social media. Manfaatkan momen ini juga untuk melakukan promosi. Buat konten yang dapat memberikan semangat sekaligus hiburan. Bisa dalam bentuk blog, video, animasi atau podcast. Trend yang viral akan lebih cepat untuk mendapat respon. Karena itu lihatlah apa yang sedang trend dan buat yang sejenis namun tidak juga plagiat. Jangan lupa untuk memasukkan promosi kedalam materi konten Anda.

4. Gunakan media yang menjangkau luas

Website, email, dan social media adalah media efektif untuk melakukan promosi digital. Dan juga sangat hemat biaya dalam penerapannya. Jika menggunakan Anda website maka pastikan website Anda sudah SEO friendly. Karena jika tidak maka akan menjadikan semua usaha promosi Anda sia-sia. Kenapa? Karena website yang tidak SEO friendly akan sulit mendatangkan pengunjung. Tidak ada pengunjung maka tidak ada yang melihat konten dan promisi Anda. Jika menggunakan email maka usahakan jangan spam. Gunakan template yang menarik dan berisi informasi yang bermanfaat.

Penutup

Ternyata tidak semua terhenti karena adanya pandemi Corona. Masih banyak strategi yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi usaha. Dan tidak juga harus mengeluarkan biaya mahal. Malah bisa menjadi momen yang tepat untuk menambah penjualan bagi sektor-sektor usaha tertentu. Terutama yang bergerak di dunia digital.

Intinya apapun kondisi saat ini tidak mengakibatkan produktifitas menurun. Bahkan untuk sektor yang terdampak seperti pariwisata dan perhotelan dapat menggunakan strategi ini. Meskipun penjualan berkurang namun hubungan dengan pelanggan tetap terjaga dan jika pandemi sudah berakhir mereka akan tetap loyal. Nantikan artikel selanjutnya yang masih membahas seputar strategi jitu mempertahan bisnis disaat krisis Corona. Salam sukses!