Digital Marketing (Pengertian dan Contohnya)

Pengertian Digital Marketing

Marketing atau pemasaran telah mengalami perubahan yang sangat besar dari segala sisi. Dahulu kita mengenal strategi pemasaran yang ‘tradisional’. Contohnya sales door to door, spanduk di jalan umum, sebar brosur, iklan di koran dan strategi sejenis lainnya. Yang mana lebih menggunakan pendekatan secara langsung kepada calon konsumen. Namun kini strategi pemasaran tersebut sudah sangat jarang yang menggunakannya. Para pelaku marketing masa kini lebih memilih untuk menggunakan strategi digital untuk metode pemasaran mereka.

Sesuai dengan namanya, Digital Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan semua media digital dan internet. Jadi secara apapun usaha pemasaran yang menggunakan media tersebut maka termasuk dalam kategori digital marketing. Seperti SEO, Social Media Marketing, iklan di media seperti Google, Facebook atau Youtube. Termasuk juga email marketing yang cukup efektif untuk menjangkau konsumen. Besarnya peranan digital marketing untuk kebutuhan pemasaran masa kini menjadikannya pilihan favorit para marketer.

Dahulu kita mengenal strategi pemasaran yang ‘tradisional’. Contohnya sales door to door, spanduk di jalan umum, sebar brosur, iklan di koran dan strategi sejenis lainnya.

Pentingnya Digital Marketing saat ini juga memunculkan pertanyaan yaitu haruskah beralih ke Digital Marketing? Jawabannya, harus! Karena dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin cepat, perilaku konsumen pun berubah. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di media digital daripada media konvensional. Untuk itu digital marketing merupakan solusi wajib untuk pemasaran saat ini. Memang tidak semua strategi pemasaran tradisional ditinggalkan. Ada kalanya strategi digital dan tradisional digabungkan. Tergantung kebutuhan suatu bisnis itu sendiri dan juga ditinjau dari beberapa faktor seperti lokasi target konsumen, budget, jenis produk dan lainnya.

Contoh Digital Marketing

Sempat disebutkan diatas beberapa contoh digital marketing. Agar lebih lengkap, mari simak beberapa contoh yang paling banyak digunakan saat ini.

SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang cukup populer. Strategi SEO amat efektif untuk saat ini, mengingat semakin sering menggunakan mesin pencari seperti google atau bing. Semakin mudah bisnis tersebut dicari lewat mesin pencari, maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan calon konsumen. Pengerjaan SEO sendiri dapat dilakukan tanpa bantuan agensi atau penyedia JASA SEO. Namun hasil dan waktu pengerjaan SEO tidak akan sama. Tidak masalah jika ingin mencoba untuk menerapkan SEO sendiri pada bisnis Anda. Pilihan ada ditangan Anda, tapi hasil terbaik tentu menjadi tujuan utama.

Social Media Marketing

Social Media Marketing atau sering disingkat SMM juga termasuk strategi marketing yang populer saat ini. Internet dan social media seperti Facebook, Instagram dan Twitter menjadi media yang tidak terpisahkan dari keseharian. Karena itulah para pelaku marketing memanfaatkan kesempatan ini dan menjadikannya media pemasaran yang efektif.

Iklan Media Digital

Strategi yang satu ini sebenarnya mencakup juga didalamnya SEO dan SMM itu sendiri. Perbedaannya adalah di sisi budgeting, karena harus membayar jumlah tertentu dalam kampaye marketing di media tersebut. Facebook Ads dan Google Ads adalah contoh dari periklanan di media digital. Kebanyakan para pelaku marketing menggabungkan periklanan ini dengan strategi lain seperti SEO dan SMM. Sehingga dapat memaksimalkan jangkauan dan target untuk mendapatkan calon konsumen lebih banyak. Kapan harus menggunakannya? kembali kepada kebutuhan bisnis Anda. Penerapan teknik yang tepat juga berpengaruh kepada hasil periklanan tersebut. Jika salah maka akan menjadi percuma iklan yang ditampilkan di media tersebut. Jika Anda belum memahami strategi periklanan media digital, team EVAN DIGITAL MANAGEMENT siap untuk membantu Anda. Dapatkan hasil maksimal untuk peningkatan bisnis Anda.

Email Marketing

Email marketing terbukti cukup ampuh dalam strategi pemasaran digital. Dengan teknik yang cukup simple, email marketing dapat menjadi pilihan untuk keperluan digital marketing Anda. Biasanya strategi yang dilakukan adalah mengirimkan informasi secara rutin tentang produk terbaru atau informasi lainnya melalui email. Sehingga konsumen mendapatkan update terbaru tentang produk walaupun tidak sedang mengunjungi website atau social media. Metode ini juga sering digabung dengan strategi lainnya.

Kesimpulan

Semakin pentingnya digital marketing membuat semakin banyak pula pilihan metode yang dapat digunakan. Tidak salah juga untuk menggabungkan semua metode tersebut. Namun yang terpenting adalah bagaimana metode tersebut menghasilkan peningkatan yang signifikan terhadap bisnis Anda. Banyak pelaku marketing hanya fokus pada periklanan saja dan mengabaikan strategi lain yang mana saling berkaitan. Bayangkan jika iklan Anda berada di paling atas tapi ketika orang meng-klik iklan tersebut loading website Anda lama atau isi konten tidak menarik. Atau lebih parah lagi konten dengan iklan tidak relevan. Hal seperti dapat membuat iklan Anda sia-sia karena konsumen tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Untuk itu diperlukan penerapan teknik yang tepat agar kampaye digital marketing Anda berjalan sesuai dengan harapan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan EVAN DIGITAL MANAGEMENT untuk solusi digital marketing bisnis Anda. Salam Sukses!