Pemasaran dan penjualan seringkali disalah artikan dalam pandangan orang umum,padahal sebenarnya terdapat perbedaan signifikan antara pemasaran dan penjualan.Faktor apa saja yang membedakannya? Sangatlah penting bagi kalian yang ingin memulai suatu bisnis untuk mengetahui konsep pemasaran dan penjualan!

konsep pemasaran dan penjualankonsep pemasaran dan penjualan

Berikut definisi dari konsep pemasaran dan penjualan:

Pemasaran

Konsep pemasaran memang sering kamu dengar,namun hanya sedikit saja yang bisa benar-benar mengerti secara rinci apa itu pemasaran.Pada dasarnya pemasaran memprioritaskan hubungan yang baik antara brand dengan customer,Pemasaran yang baik selalu mengedepankan kepuasan customer dan memastikan bahwa value dari suatu brand tersampaikan dengan baik ke customer.berikut beberapa jenis strategi pemasaran:

  • Digital Marketing
    Digital marketing ialah suatu usaha pemasaran yang dijalankan melalui sistem digital seperti facebook,instagram,twitter dan website.Tekniki digital marketing belakangan menjadi tren di era 4.0 dikarenakan tidak memerlukan budget yang banyak dan kita dapat dengan mudah mencapai target market kita melalui sistem targeting.Perlahan namun pasti digital marketing mulai menggantikan peranan marketing konvensional seperti baliho,spanduk,dan lain-lain
  • SEO (Search Engine Optimization)
    SEO merupakan salah satu bidang yang ada di digital marketing,SEO mengandalkan website sebagai media pemasaran nya metode SEO ini sangatlah terkenal di kalangan penggiat digital marketing dikarenakan tidak membutuhkan biaya yang banyak dan hasilnya yang bisa tahan lama.
  • SEM (Search engine Marketing)
    SEM adalah versi berbayar dari SEO,cara satu ini tidak perlu harus membuat konten yang baik atau optimasi website seperti yang harus dilakukan jika menggunakan cara SEO.Hanya dengan kita membayar ke Google maka website kita akan ada di peringkat paling atas.
  • Word of mouth marketing
    Word of mouth juga merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menggaet customer baru,word of mouth mengandalkan referensi dari orang-orang yang pernah menggunakan produk kita.Di era sosial media seperti saat ini sangatlah mungkin jika konsumen kita puas dengan produk kita maka dia akan mempostingnya di sosial media mereka dan secara tidak langsung mereka sudah mereferensikan kita di timeline sosial medianya! Otomatis brand kita akan jauh lebih dikenal ke depannya.

Penjualan

Konsep penjualan sesuai dengan namanya,memang difokuskan untuk berjualan,poin utama dari penjualan ialah kegiatan jual/beli dijalankan oleh dua belah pihak atau lebih dengan alat pembayaran yang sah.Titik utama dari penjualan itu sendiri ialah profit,maka tidak heran jika banyak staf penjualan yang diberikan target oleh perusahaan tempatnya bekerja.Penjualan ini dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti penjualan langsung dan penjualan tidak langsung.

Jenis-jenis penjualan sendiri ada 2 yakni cash sales dan sales on account.Cash sales merupakan transaksi yang menggunakan uang tunai dan cash on account sendiri penjualan barang secara kredit.

Berikut aspek-aspek perbedaan konsep pemasaran dan penjualan:

1.Penjualan:fokus menjual sedangkan pemasaran:mempertimbangkan kenyamanan customer.

Perbedaan signifikan yang paling pertama adalah tujuan dari pemasaran dan penjualan itu sendiri.Pemasaran sangatlah mempertimbangkan kepuasan customer dan tujuan akhirnya ialah memperkuat citra suatu brand.Sedangkan penjualan hanya berfokus pada penjualan semata,kurang memperhitungkan kepuasan dari customer itu sendiri.Kenyamanan customer menjadi prioritas utama bagi seorang marketer,mereka menginginkan customer mereka mendapatkan pelayanan dan produk yang terbaik dari brand mereka.Berbeda dengan staf penjualan yang prioritas utamanya ialah seberapa banyak produk yang sudah terjual ke customer.

Sangatlah penting bagi para pengusaha/pemilik bisnis untuk lebih mempertimbangkan pemasaran lebih daripada penjualan.Pemasaran berjalan lancar,otomatis penjualan pun akan meningkat selain penjualan yang meningkat customer pun akan puas dengan nilai produk yang kita tawarkan.

2.Penjualan:hard selling sedangkan pemasaran:soft selling

Apa itu hard selling dan soft selling? Perumpamaan nya ialah jika anda sedang ditawari suatu barang,apakah anda akan lebih memilih salesman yang langsung datang ke rumah anda untuk memaksa anda membeli barang mereka atau anda lebih memilih anda mengenali sendiri barang yang anda inginkan? Sudah pasti anda lebih ingin membeli tanpa paksaan bukan? Oleh karena itu peran marketing sangatlah dibutuhkan untuk mengedukasi/mengajak customer mengenali barang yang mereka inginkan tanpa paksaan,berbeda jauh dengan penjualan yang hanya mengutamakan untung tanpa mempertimbangkan kenyamanan customer.

Hard selling sangatlah menekankan pada untung dari sebuah perusahaaan,seorang staf penjualan akan melakukan apapun demi terjualnya suatu barang,meski kadang harus menempuh jalan yang memaksa seperti terus menerus menghubungi calon customer yang tidak tertarik terhadap produk mereka.Soft selling melalui proses yang panjang sebelum terjadinya conversions,seorang staf marketing akan berusaha sebisa mungkin untuk tidak memaksa calon customer untuk melakukan pembelian,mereka akan sebisa mungkin mengedukasi calon customer mereka sehingga calon customer mereka pada akhirnya akan tertarik untuk membeli produk mereka.

3.Penjualan:fokus jangka pendek sedangkan pemasaran:jangka panjang

Perbedaan selanjutnya dari pemasaran dan penjualan ialah fokus dari tujuan nya itu sendiri.Penjualan berfokus jangka pendek sedangkan pemasaran fokus jangka panjang.Penjualan hanya berfokus pada keuntungan bukan terhadap citra sebuah brand,sedangkan pemasaran sangatlah memperhitungkan life cycle sebuah brand.Setiap tahap sangatlah diperhatikan dalam proses pemasaran untuk memastikan bahwa nilai dari brand mereka tersampaikan ke customer.Pemasaran memiliki funnel tersendiri yakni awareness-consideration-conversion-loyalty-advocacy,berbeda dengan penjualan yang hanya memiliki satu tahap yakni conversion.

Tahap-tahap ini sangatlah penting dalam proses marketing,dikarenakan setiap tahap dalam funneling mempunyai efeknya masing-masing dan seorang staf marketing harus memastikan tiap tahap berjalan dengan lancar dan customer melewati experience yang baik.Jika customer sudah melewati semua tahap funneling,maka customer akan mengerti value dari produk yang ditawarkan,dan kemungkinan besar customer akan mereferensikan produk mereka ke kerabat mereka.

4.Penjualan:kebutuhan perusahaan sedangkan pemasaran:kebutuhan pasar

Perbedaan pemasaran dan penjualan yang ke 4 ialah penjualan memiliki cara berfikir untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yakni profit,sedangkan pemasaran lebih berfokus pada kebutuhan pasar.Penjualan yang berfokus pada kebutuhan perusahaan cenderung tidak memperdulikan customer dan hanya mementingkan profit perusahaan berbeda dengan pemasaran yang bergerak sesuai dengan kebutuhan pasar dan cenderung lebih memahami apa kebutuhan pasar saat ini,sehingga bisa menciptakan solusi win-win bagi perusahaan dan customer.

5.Penjualan:quantity sedangkan pemasaran:value

Penjualan hanya memastikan bahwa barang sudah terjual ke customer tanpa memikirkan nilai barang tersebut dan value dari suatu brand.Sangatlah berbda jauh dengan pemasaran yang sangat mementingkan value dari sebuah brand,seorang marketer akan mempertimbangkan baik-baik brand value mereka dapat tersampaikan dengan baik kepada customer,mereka rela untuk menempuh proses yang panjang demi memastikan brand value mereka tersampaikan dengan baik kepada customer.

Namun kekurangan dari cara pemasaran ialah proses pemasaran memerlukan waktu yang lama dan kadang biaya yang cukup besar juga,akan tetapi hasil yang kita dapat pun akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan.Penjualan sendiri menawarkan untung yang cepat namun tidak menjamin bahwa value dari brand kita sampai dikomunikasikan dengan baik ke customer.

Setiap perusahaan dapat memilih mana metode yang lebih cocok bagi perusahaan mereka.Pada intinya konsep pemasaran dan penjualan haruslah berjalan beriringan dan saling melengkapi.Pemasaran memastikan bahwa brand value tersampaikan dengan baik,sedangkan penjualan memastikan perusahaan mendapatkan profit namun tidak memastikan bahwa konsumen akan mengerti value dari brand perusahaan kita.